Bagaimana Cara Merawat Hewan Iguana Forest Dragon?

By On Sunday, December 4th, 2016 Categories : Uncategorized

Cara Merawat Hewan Iguana Forest Dragon – Tentunya tiap orang memiliki selera masing-masing dalam memilih hewan peliharaan.

Ada yang memiliki hewan yang telah familiar menjadi hewan peliharaan. Sebut saja seperti Anjing maupun Kucing.

Namun ada sebagian lainnya yang memilih jenis hewan yang cukup tidak popular untuk dijadikan peliharaan. Mulai dari ular, kadal, kura-kura hingga Iguana.

iguana

Dimana khusus untuk Iguana sendiri ternyata memiliki banyak jenisnya untuk bisa dipelihara. Salah satu jenis Iguana yang tengah cukup popular sekarang yaitu Iguana Forest Dragon.

Namun banyak yang beranggapan bahwa memelihara maupun merawat Iguana Forest Dragon sangat beresiko dan juga sangat susah.

Terbukti dengan banyaknya orang yang gagal ketika mencoba untuk merawat hewan itu. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat Hewan Iguana Forest Dragon:

  1. Pastikan Suhu Stabil

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika merawat hewan Iguana Forest Dragon adalah harus mengingat bahwa Iguana adalah hewan berdarah dingin.

Sehingga sudah dipastikan bahwa setiap hewan berdarah dingin suhu tubuhnya sangat fluktuatif. Yang artinya suhu tubuh dari hewan tersebut sangat bergantung dari suhu tubuh disekitarnya.

Hal ini akan sangat berbahaya apabila suhu disekitarnya tidak stabil. Karena hampir dipastikan hewan berdarah dingin seperti Iguana Forest Dragon tidak akan mampu bertahan terlalu lama.

Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut dengan cara memastikan suhu stabil untuk Iguana Forest Dragon yang akan dipelihara. Tidak boleh terlalu panas dan juga tidak boleh terlalu dingin.

  1. Siapkan Kandang yang Sesuai

Hal berikutnya yang harus diketahui adalah Iguana Forest Dragon adalah jenis hewan territorial. Yang artinya adalah hewan Iguana Forest Dragon akan sangat nyaman apabila memiliki wilayah kekuasaan sendiri.

Yang artinya hewan ini tidak suka berbagi kandang meskipun dengan sesama Iguana Forest Dragon lainnya. Sehingga pastikan kandang yang cukup luas hanya untuk satu Iguana Forest Dragon saja. Selain itu kandang tersebut juga harus dijaga kelembapannya.

Dimana hal ini bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan air kedalam kandang minimal satu hari sekali. Namun apabila suhu dan cuaca memang sedang panas maka penyemprotan air pada kandang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari dua kali sehari hingga tiga kali sehari.

  1. Ciptakan Suasana Tenang

Iguana Forest Dragon juga seperti jenis reptile lainnya yaitu tidak bisa tinggal dalam kondisi maupun lingkungan yang terlalu berisik. Hal ini tidak lepas karena Iguana maupun reptil lainnya diketahui menyukai ketenangan.

Sehingga apabila lingkungan anda rawan suara berisik maupun banyak orang yang berlalu lalang maka memelihara Iguana Forest Dragon sepertinya bukan pilihan bijak. Karena dibutuhkan suasana yang mendukung untuk membuat Iguana Forest Dragon bisa hidup dengan baik.

Dimana ketenangan dan keheningan sangat dibutuhkan oleh hewan jenis ini. Sehingga hal ini tidak bisa dilewatkan begitu saja tentunya untuk membuat Iguana Forest Dragon bisa bertahan.

  1. Berikan Makan Tepat Waktu

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah pemberian makan. Dimana untuk Iguana Forest Dragon mereka membutuhkan makan selama tiga kali sehari.

Sehingga untuk selalu ingat hal tersebut agar tidak terlambat maupun lupa untuk memberikan makan pada Iguana Forest Dragon yang dipelihara. Sedangkan untuk makanannya sendiri bisa berupa Jangkrik, Ulat HongKong, Kecoa Madagascar hingga bayi tikus putih.

Semua makanan tersebutlah yang selama ini dikenal sebagai makanan utama dari Iguana Forest Dragon. Sehingga pastikan untuk memberikan makanan tersebut ketimbang makanan lainnya yang belum tentu disukai oleh Iguana jenis ini.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Merawat Ikan Arwana Super Red Untuk Pemula

Loading...
Bagaimana Cara Merawat Hewan Iguana Forest Dragon? | ilmuhewan | 4.5