Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci?

By On Wednesday, August 24th, 2016 Categories : Burung

Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci? – Menangkar atau ternak burung pleci ialah pilihan yang sangat tepat bagi kita semua, baik bagi pemula atau profesional dalam dunia burung.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu kita ketahui jika beberapa peternak burung mengatakan jika menangkar atau ternak burung kicau terutama burung pleci sangatlah mudah.

Akan tetapi, sebaliknya beberapa peternak mengatakan jika beternak burung kicau sangat sulit dan memiliki resiko kegagalan yang tinggi.

pernankan burung pleci

Baca Juga : Macam–Macam Cacing Pengganggu pada Burung

Namun, itu semua tergantung pada diri kita sendiri apakah bersungguh-sungguh atau hanya sekedar coba-coba saja.

Sebab jika kita menangkar pleci dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan hasil yang memuaskan, tetapi jika kita hanya sekedar coba-coba atau iseng saja maka dapat dipastikan yang kita dapatkan jauh dari kata memuaskan bahkan gagal.

Bila kita bersungguh-sungguh, memiliki keinginan, keuletan, dan bakat terpendam maka tidaklah mustahil jika sukses dalam menangkar burung pleci serta mengembangbiakannya.

Untuk melakukan penangkaran burung pleci, dapat dikatakan gampang-gampang susah.  Namun, itu semua tergantung pada seberapa keras usaha yang kita lakukan.

Burung pleci adalah salah satu jenis burung kicau yang unik, baik dari bentuk tubuh dan suara yang dihasilkannya.

Untuk melakukan penangkaran burung pleci, maka ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebelum melakukan penangkaran.

Cara Menangkar Burung Pleci

Berikut beberapa cara menangkar burung pleci yang dapat kita lakukan.

  • Mempersiapkan Kandang Burung Pleci

Pleci adalah burung kecil, sehingga tidak memerlukan kandang dalam ukuran yang besar. Dengan begitu, kita dapat menggunakan kandang aviary sebab hemat tempat dan tidak memerlukan biaya banyak.

Jangan lupa untuk menyediakan tempat makan dan tempat minum, serta sarang yang akan digunakan burung pleci untuk bertelur.

  • Mempersiapkan Indukan Burung Pleci

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan indukan. Pilihlah indukan yang berkualitas, agar keturunannya kelak juga berkualitas.

Ciri-ciri indukan pleci berkualitas yaitu jantan dan betina harus dari satu spesies, pilih indukan jantan dan betina yang tidak cacat, usahakan agar indukan jantan sudah berbunyi, hingga usia indukan jantan dan betina minimal 1,5 tahun.

  • Perjodohan Burung Pleci

Langkah berikutnya ialah melakukan perjodohan antara indukan jantan dan indukan betina, dengan cara mendekatkan sangkar keduanya antara 1 – 2 minggu serta usahakan ketika melakukan perjodohan memberikan makanan berprotein tinggi.

Selanjutnya, coba kita jauhkan sangkar betina dan jantan selama 1 minggu dan hindari tatap muka diantara mereka.

Jika keduanya saling memanggil, menandakan perjodohan berhasil. Campurkan antara indukan jantan dan indukan betina dalam satu kandang, sambil kita amati tingkah laku keduanya.

Jika sang jantan dan betina saling berdekatan, maka proses perkawinan sedang berlangsung dan proses perjodohan berhasil.

  • Burung Pleci Bertelur

Setelah terjadi perkawinan, burung pleci betina akan bertelur setalah 2 minggu dari terjadinya perkawinan. Bila waktunya bertelur sudah tiba, jangan terlalu sering menggangu betina pleci dan amati saja.

Tujuannya adalah agar betina tidak malas atau enggan mengerami telurnya, jika betina malas mengerami telur maka ambil saja telur tersebut dan masukan dalam alat inkubator.

  • Merawat Anak Burung Pleci

Untuk perawatan anak burung pleci, dapat kita serahkan kepada sang induk betina. Sebab, betina pleci lebih paham apa yang diperlukan anak burungnya.

Setelah 10 hari, kita dapat memanennya. Untuk makanan anak burung pleci, kita dapat memberikan serangga dalam ukuran kecil.

Itulah bagaimana cara menagkar burung pleci, cukup sekian pembahasan kita kali ini. Semoga artikel dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Baca Juga : Mengapa Burung Branjangan malas Untuk Berbunyi?

Loading...
Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci? | ilmuhewan | 4.5