Bagaimana Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Betina dan Jantan?

By On Friday, September 2nd, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Betina dan Jantan – Kamu tau kan burung cucak ijo? Ya! unggas yang bernama latin Chloropsis sonnerati ini memang cukup populer di masyarakat.

Dalam membedakan cucak ijo jantan dan betina, sebenarnya cukup mudah. Bagaimanakah caranya? Yuk kita simak..

Untuk burung cucak yang masih berupa anakan atau trotolan, ataupun sudah menginjak bakalan dan sudah mulai dewasa, ada beberapa metode yang dapat dijadikan pembanding.

cucak ijo betina

Salah satu cara yang cukup menonjol adalah ciri-ciri fisiknya. Dimana bagian kepala sebelah bawah atau dagu si burung dewasa sangatlah berbeda antara keduanya.

Apabila bulu yang terdapat pada sekitar paruh hingga daerah tenggorokan memiliki warna kuning janur, dapat disimpulkan bahwa ia memiliki kelamin betina.

Namun, jikalau bulu yang bertempat tersebut sedemikian rupa terlihat hitam, maka indikator ini menandakan ciri bahwa si cucak ijo jantan.

Disisi lain, untuk membandingkan jenis dan ciri kelamin pada burung yang berbadan gempal ini, agak sudah bisa dilakukan saat ia masih anakan atau trotolan, tepatnya ketika berusia mulai 2 sampai 4 bulan.

Disamping bentuk tubuh cucak ijo jantan dengan betina anakan hampir mirip, suaranya pun juga sebenarnya masih susah untuk diperbandingkan.

Sebab, kedua unggasnya hanya masih bisa ngeriwik. Jadi burung yang baru berusia 2-4 bulan, masih belum dapat diperdebatkan antara pejantan dan betinya dengan melalui suara.

Berbeda dengan burung pengicau dewasa, yang mana umumnya si pejantanya memiliki suara relatif lebih lantang serta kaya akan ragam variasi kicaunya.

Meskipun begitu, adapun beberapa metode yang dapat dijadikan sebagai indikator ciri jantan dan betina dari unggas cucak ijo trotolan.

Salah satu pembandingnya terdapat pada lingkar mata. Apabila bulu ini yang melingkar pada burung berusia kurang dari 4 bulan memiliki warna kuning maka dapat diyakini bahwa ia berciri jantan. Sedangkan untuk unggas betina bulunya memiliki corak warna putih putih.

Untuk burung yang menginjaktahap bakalan atau bahan, umumnya ia berusia diatas 4 sampai dengan 6 bulan, sudah dapat menandakan ciri yang cukup jelas antara kedua jenisnya serta mulai bisa diperdebatkan. Perbedaan yang pasti bisa diamati pada bulu unggas sekitar daerah tenggorokannya.

Jika bulu unggas tersebut berwarna kuning dan ada disekitar leher berubah menjadi putih kehijauan, bisa dipastikan kalau ia memiliki jenis kelamin betina.

Tetapi, bila warna kuning pada bulu unggas mulai tercampur oleh corak trotol hitam, maka hal ini menandakan ciri cucak ijo pejantan. Lebih jelasnya lagi tidak ada salahnya jika kita menyimak beberapa uraian berikut:

Ciri Cucak Ijo Pejantan Dewasa

Apabila sedkit diraba, tulang supit unggas akan terasa lebih keras dengan jarak antar kedua sisinya relatif rapat.

Jika diamati secara lebih teliti, pupil mata akan dapat terlihat berwarna hitam dan juga jernih. Saat kulit kaki tersebut sudah mengalami penyisikan atau mengelupas, ada beberapa bintik-bintik berwarna hitam. Suara unggas cucak ijo jantan relatif terdengar lantang dan bervariasi.

Ciri Unggas Cucak Ijo Betina Yang Dewasa

Tulang supit unggas jika diraba akan terasa agak sedikit lembek dengan jarak diantara kedua sisinya sedikit renggang.

Pupil matanya sangat berbeda dengan pupil burung pejantan. Yang mana unggas betinanya memiliki warna coklat.

Tidak ada bintik-bintik hitam ketika kulit kaki unggas mulai meyisik. Suara cucak ijo yang betina, secara umum cenderung terdengar lebih pelan dan juga monoton atau kurang bervariasi.

Ciri Cucak Ijo Yang Berjenis Kelamin Jantan Anakan atau Trotolan

Apabila unggas masih dalam masa anakan atau lebih umumnya berusia 2 hingga 4 bulan, perbedaan dapat dilihat serta dibandingkan pada ciri fisiknya.

Bagi kamu yang mempunyai jam terbang tinggi terhadap aneka macam jenis burung pengicau, pastinya akan lebih mudah membandingkan kelamin cucak ijo dengan melihat paruhnya, yang mana burung jantan mempunyai paruh bagian bawah yang warnanya cokelat gelap. Cincin kuning yang melingkar dibagian mata, seolah bisa terlihat lebih tegas atau lebih pekat.

Ciri Cucak Ijo Betina Anakan atau Yang Trotolan

Saat masih menginjak usia 2-4 bulan, ciri dari burung betina bisa dibandingkan dengan jenis pejantan melalui bentuk fisik yang terdapat padanya.

Bagi penghobi burung berkicau yang telah tidak awam lagi, akan lebih gampang membedakan jenis kelamin dengan hanya melakukan pengamatan lewat bagian paruhnya, yang mana yang berjenis kelamin betina memiliki paruh berwarna putih disekitar bagian bawahnya. Lingkaran kuning yang mengelilingi bagian tepi mata lama kelamaan akan menjadi memutih.

Baca Juga : Cara Menyiapkan Burung Kacer Agar Menang di Perlombaan

Bagaimana Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Betina dan Jantan? | ilmuhewan | 4.5