Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ayam Sebright atau Batik, ayam elit dari Inggris

By On Saturday, September 16th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Ayam Sebric atau Batik – Ada yang tahu negara Inggris?

Pasti tahu, karena negara asal benua Eropa ini terkenal dengan macam-macam budayanya.

Beberapa orang pasti gemar dengan klub sepakbola asal Inggris, seperti Manchester United, atau dengan timnas Inggris, The Three Lions.

Atau ada juga yang senang mendengarkan band Britpop seperti Oasis. Namun tahukah kamu ada ayam eksotis dari Inggris?

Baca Juga : Fakta ayam Sumatera, spesies ayam Indonesia yang populer di Eropa

Berikut ayam Sebric atau Batik, ayam elit dari Inggris.

  1. Ayam Sebric berasal dari Inggris. Dinamakan ayam Sebric karena pengembangbiaknya adalah Sir John Saunders Sebright. Ayam Sebric termasuk jenis ayam breeding jenis kate atau bantam. Sebric sendiri susah untuk dikembangbiakan, dan budidaya Sebric biasanya untuk dijadikan ayam hias,  bukan ayam konsumsi atau ayam petelur dan pedaging.
  2. Sir John Saunders Sebright sendiri merupakan seorang ilmuwan di bidang ternak dan agriculture, dan ternyata sering berhubungan dengan Charles Darwin, yang mengemukakan teori evolusi. Sebright pun pernah berhasil mengembangkan jenis spesies lain dari merpati. Sebright menggabungkan jenis ayam bantam dengan ayam Polandia.
  3. Sepeti ayam kate lainnya, ayam Sebric merupakan jenis ayam kate yang ukuran tubuhnya kecil. Berat jantan hanya 625 gram, sedangkan betina hanya 570 gram. Warna Sebricberagam, namun biasanya berwarna perak atau emas bersinar. Yang menjadikan Sebric istimewa adalah motif atau corak tubuhnya yang kotak-kotak seperti batik. Contour ini cukup khas dan jarang ditemukan pada jenis ayam lainnya. Kebanyakan ayam hias hanya terkait dengan warna atau jenis bulunya, yang menjadi keunggulan ayam hias.
  4. Ayam Sebric jantan termasuk jenis ayam jantan pada umunya, protektif terhadap ayam betinanya. Ayam Sebric betina tidak memproduksi banyak telur, jumlahnya hanya sekitar 60-70 telur per musimnya. Karena tubuhnya yang ringan ada kemungkinan bahwa ayam Sebric bisa terbang dengan mudah. Namun ayam Sebric merupakan ayam yang jinak dan tenang, tidak terlalu agresif seperti ayam adu.
  5. Sangat sulit untuk mengembangbiakan ayam Sebric, karena ayam Sebric anakan sendiri sangat mudah untuk mati. Untuk itu diperlukan perawatan dan teknik pengembangbiakan yang tepat. Salah satu penyakit yang sering muncul pada ayam Sebric adalah Marek. Anakan ayam Sebric bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 50.000,-, dan semakin bertambah mahal seiring dengan bertambahnya umur.
  6. Untuk pemilihan bibit sendiri, bisa diperhatikan hal-hal seperti kelincahan ayam, warna kontras batik pada ayam Sebric, dan karena bukan jenis ayam yang ekornya panjang, maka jangan sampai ada bulu panjang di ekor atau bagian leher. Ayam Sebric termasuk ayam yang bisa bersosialisasi dengan ayam lainnya, dan cukup tenang untuk dipelihara karena tidak rusuh dan ribut seperti jenis ayam agresif lainnya.
  7. Termasuk ayam yang ekslusif, karena ayam Sebric termasuk ayam yang tidak terlalu mementingkan koloni, dan terkesan individualis. Ayam bantam Sebric termasuk ke dalam jenis ayam murni yang tidak memiliki campuran dengan jenis ayam lainnya. Jadi tidak ada versi besar dari ayam bantam Sebric.
  8. Pakan untuj ayam bantam Sebric sebenarnya sama dengan ayam lainnya, bahkan cenderung ayam yang irit dalam segi makanan karena ukuran tubuhnya pun kecil. Selain jenis ayam Sebric bantam Inggris, ada juga Sebric bantam Italia dan Sebric bantam Kanda yang memiliki corak yang mirip, namun dengan warna yang berbeda.

Itu tadi Ayam Sebric atau Batik, ayam elit dari Inggris.

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Pelung

Loading...
Ayam Sebright atau Batik, ayam elit dari Inggris | ilmuhewan | 4.5