Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Asal-Usul dan Jenis Kucing Persia

By On Wednesday, March 14th, 2018 Categories : Jenis dan Macam

Asal-Usul dan Jenis Kucing Persia – Kucing Persia merupakan salah satu ras kucing yang paling tua. Kucing Persia merupakan jenis kucing yang berasal dari Iran.

Kucing ini ditemukan pertama kali pada abad 19-an dan diberi nama Persia sesuai dengan nama Iran pada masa itu. Kini perkembangan dan pengembangbiakan kucing Persia banyak dilakukan di Inggris dan Amerika.

Kucing Persia memiliki karakteristik badan yang gemuk, tambun, dan pendek. Kucing Persia memiliki bulu-bulu yang panjang. Bentuk mukanya bulat dan datar.

Salah satu ciri khas dari kucing Persia adalah hidungnya yang pesek. Kucing Persia ini sangat digandrungi masyarakat karena sifatnya yang manja. Kucing Persia dapat bertahan hidup antara 12-14 tahun.

Baca Juga : Jenis Obat-Obatan Sakit Mata Pada Kucing Anggora Atau Persia

Penyakit yang sering menyerang kucing persia adalah penyakit ginjal  Kucing persia yang kini banyak dijumpai di masyarakat kebanyakan sudah bukan ras asli melainkan hasil perkawinan silang antara kucing persia denga kucing jenis lainnya dan menghasilkan kucing persia dengan berbagai jenis yang memiliki berbagai warna yang berbeda-beda. Kucing Persia memiliki beberapa jenis yaitu

  • Kucing Persia Tradisional

Kucing oersia tradisional merupaka keturunan murni kucing persia hasil perkawianan antar kucing persia jantan dengan kucing persia betina.

Memiliki ciri-ciri hidung yang lebih mancung dengan bulu yang panjang dan lebat. Ciri khusus yang banyak menarik minat orang adalah karena ekspresi datarnya yang seperti boneka, karena itu kucing persia tradisional disebut juga dengan Persian Doll Face.

Kucing persia tradisional juga lebih lincah dan lebih mudah untuk dijadikan peliharaan karena mudah untuk diajak bermain.

  • Kucing Persia Himalaya

Kucing persia himalaya merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing siam. Emmiliki bentuk tubuh yang pendek, bulat, dan gemuk seperti kucing persia dengan warna bulu seperti kucing siam.

Warna bulu kucing perisa himalaya didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Kucing himalaya biasanya tidak terlalu lincah dan sulit untuk melompat karena memiliki bentuk kaki yang pendek.

  • Kucing Persia Peaknose

Kucing persia peaknose merupakan salah satu jenis kucing persia yang paling banyak digemari dan memiliki harga yang mahal. Hal ini karena ciri-ciri hidungnya yang sangat pesek.

Namun bentuk hidungnya inilah yang membuatnya memiliki harga yang mahal. Kucing persia peaknose memiliki pembawaan yang sangat tenang namun menggemaskan, karena inilah kucing persia peaknose banyak diikutkan ke perlombaan.

  • Kucing Persia Flatnose

Kucing persia flatnose memiliki ciri-ciri hidung yang pesek, bentuk muka kotak, telinga yang runcing dan kecil, tubuhnya juga cencerung lebih gemuk. Kucing persia flatnose ini memiliki tingkah yang lucu dan aktif. Kucing jenis ini juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih bagus dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia Yang Sedang Hamil

  • Kucing Persia Medium

Kucing persia medium merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kukcing lokal. Kucing persia medium mempunyai bentuk tubuh mirip dengan kucing lokal yaitu kaki panjang, tubuh yang lebih tinggi, dan hidung yan glebih mancung. Kucing persia medium tetap memiliki bulul yan gpanjang dan lebat seperti kucing persia.

Dalam memelihara kucing tiadk dapat sembarangan, unutk mendapatkan kucing peliharaan dengan bentuk bulu dan warna yang bagus dibutuhkan perwatan khusus. Berikut cara memelihara kucing Persia dengan benar.

  • Rajin menyikat bulunya pada beberapa bagian tertentu
  • Rajin memeriksa saluran air mata
  • Rajin membersihkan lubang hidung
  • Rajin untuk membersihkan bagian telinga kucing
  • Memandikan kucing dengan benar
  • Rajin mengajal berjemur
  • Pastikan selain rapi bulu kucing juga tetap harum
  • Berikan makanan bernutrisi
  • Berikan makanan sesuai kebutuhan
  • Bersihkan kandangnya secara berkala

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Yang baru Di Lahirkan?

Loading...
Loading...
Asal-Usul dan Jenis Kucing Persia | ilmuhewan | 4.5