Asal dan Penjelasan Kelinci Anggora

By On Sunday, February 14th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Asal dan Penjelasan Kelinci Anggora – Seperti halnya yang telah diketahui bahwa ada berbagai macam jenis kelinci yang ada di muka bumi ini.

Namun yang menjadi perdebatan saat ini adalah kelinci berjenis anggora. Bukan hanya kucing saja yang memiliki jenis anggora, kelinci pun memilikinya.

Walaupun tak banyak orang yang mengetahui jenis ini, namun sudah ramai kelinci anggora yang diperjual belikan di pasaran. Banyak orang yang tertarik untuk memiliki jenis kelinci yang satu ini. Salah satu alasan yang menguatkannya adalah bulunya yang panjang dan terlihat menggemaskan.

Untitled

Kelinci anggora memang terlihat sangat menggemaskan. Namun tidak semua orang mengetahui asal usul atau sejarah dari kelinci anggora ini.

Baca Juga : Cara Memilih Pakan Kelinci yang Sehat

Sebenarnya asal usul kelinci ini tidak memiliki kejelasan sejarahnya. Ada banyak teori dan dokumen tentang kelinci ini yang dijadikan bahan perdebatan. Teori yang paling banyak diakui adalah dokumen yang bersal dari Prancis.

Sejarah kelinci ini berawal dari sebuah pelabuhan di Turki pada abad ke-18 (1723). Saat itu para pelaut tertarik akan kelinci jenis ini kerena bulu wollnya yang panjang. Bulu yang dimiliki sangatlah berbeda dengan kelinci yang biasa mereka jumpai.

Saat itu nama kelinci ini adalah kelinci ankara. Karena ketertarikan mereka, mereka membawa kelinci ini kembali ke Prancis dengan harapan dapat mengembang biakannya. Dari sinilah kelinci anggora menjadi terkenal dan sampai tersebar ke belahan benua Eropa hingga ke seluruh dunia.

Teori lain yang di anggap kuat juga berasal dari Inggris. Sejarah kelinci bermula jauh dari abad ke-18. Kelinci anggora sudah diperkenalkan sejak zaman romawi kuno. Para prajurit Romawi inilah yang membawa kelinci anggora ke Inggris. Akhirnya di negeri inilah kelinci anggora dikembangbiakkan.

Setalah melewat seleksi yang selektif dalam kurun waktu yang cukup lama dari berbagai perternakan, tercetuslah 8 jenis dari kucing anggora.

Kedelapan jenis kelinci anggora ini sangat dijaga dalam perkembangbiakannya. Hal itu dilakukan agar tetap terjaga standar perbedaan jenis dari kelinci ini. Berikut sedikit penjelasan tentang kedelapan jenis kelinci anggora.

  • Anggora Inggris

Ciri kelinci ini ialah bulu yang sangat penuh pada selurih tubuhnya. Kelinci ini adalah jenis keturunan anggora terkecil yang diakui ARBA. Kelinci ini memiliki bobot antara 2,3-3,4 Kg.

  • Anggora Prancis

Ciri kelinci ini ialah bulu yang tumbuh pada wajah, telinga dan kaki tidak terlalu lebat. Sehngga kelinci ini terlihat seperti kelinci yang sedang mengenakan jaket woll. Bobot dari kelinci ini sekitar 3,6 Kg.

  • Anggora Cina

Kelinci ini memiliki serat yang kasar. Merupakan hasil persilangan dari anggora Prancis-Jerman dan New Zeland White. Warna yang dihasilkan anya putih dan memiliki bobot 4,1-4,4 Kg.

  • Dwarf Anggora

Kelinci ini hasil persilangan antara Inggris-Nederland Dwarf dan Polish. Berkembang biak hanya di Prancis an Belgia. Beratnya hanya 1,1-1,7 Kg.

  • Anggora Jerman

Meupakan hasl seleksi ketat dari kelinci Anggora Inggris. Pertumbuhan bulu kelinci ini sangat cepat dan tidak mudah rontok. Bobotnya berkisar antara 2-5,5 Kg.

  • Mini Anggora Inggris

Kelinci jenis ini merupakan hasil persilangan antara kelinci anggora Inggris dengan Nederland Dwrf.

  • Anggora Satin

Secara fisik kelinci ini mirip dengan kelinci anggora Prancis. Perbedaannya hanya terletak pada warna dan tampilan fisik wol yang terang dan mengkilat. Bobot kelinci ini adalah 3,6 Kg.

  • Anggora Giant

Kelinci ini adalah hasil persilangan anatara anggora Kerman-Lop Prancis dengan Flemish giant. Bulu yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dengan jenis anggora jerman. Bobot terkecilnya ialah 4,5 Kg.

Baca Juga : Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

Loading...
Loading...
Asal dan Penjelasan Kelinci Anggora | ilmuhewan | 4.5