Apakah Boleh Kucing Makan Nasi?

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Apakah Boleh Kucing Makan Nasi? – Kalian tentu sering melihat kucing mengonsumsi nasi sebagai makanannya dan banyak juga pemilik kucing yang masih memberikan nasi untuk kucingnya biasanya dicampurkan dengan lauk berupa ikan.

Sebenarnya, apakah boleh kucing mengonsumsi nasi? Nah, berikut merupakan lima alasan sebaiknya kalian tidak memberikan terlalu banyak nasi pada kucing :

  1. Ternyata Ketika Memberikan Nasi dan Ikan pada Kucing, Terdapat Kekurangan terhadap Bahan Gizi Lainnya

Kucing yang mengonsumsi nasi beserta ikan dengan porsi nasi 2 kali dari porsi ikan akan mengalami kekurangan lemak, mineral, zinc, vitamin e, dan juga vitamin b12.

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Kucing Yang Berlebihan

Padahal, mineral dan vitamin tersebut sangatlah penting untuk tubuh kucing sebagai pendukung dalam metabolisme tubuh. Jika kucing kekurangan zat tersebut, tentu akan menyebabkan kondisi tubuh pada kucing akan terganggu.

  1. Secara Alami, Kucing Merupakan Karnivora atau Pemakan Daging

Pencernaan yang ada di dalam tubuh kucing didesain sebagai karnivora yang berarti pemakan daging, berbeda dengan anjing yang termasuk kedalam golongan omnivora.

Akan tetapi walaupun seperti itu, anjing tetap membutuhkan juga protein hewani, tetapi mampu juga mendapatkan zat nutrisi lain dari bahan makanan lain seperti sayur, dan juga  sumber karbohidrat.

Lain halnya dengan kucing yang memiliki keunikan karena kemampuan pencernaan kucing yang membutuhkan beberapa protein dan asam amino yang tidak mampu didapatkan dari bahan lain selain daging, ayam maupun ikan.

  1. Nasi Termasuk Karbohidrat, Tapi Kucing Tidak Terlalu Membutuhkannya

Nasi termasuk kedalam golongan karbohidrat dan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk makhluk hidup sebagai penghasil energi.

Akan tetapi, ternyata tidak untuk kucing. Untuk dapat menghasilkan energi, kucing tidak perlu mengonsumsi karbohidrat, namun bisa disintesis dari protein.

  1. Kelebihan Konsumsi Nasi Bisa Menyebabkan Diare dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Kucing mempunyai sedikit enzim amilase dan enzim amilase ini sangat penting untuk mengubah karbohidrat kompleks menjadi karbohidrat yang lebih sederhana.

Dalam hal ini, nasi (karbohidrat) akan menjadi glukosa, akan tetapi pada kucing tidak semua karbohidrat mampu berubah jadi glukosa karena adanya keterbatasan enzim ini.

Sehingga, kelebihan karbohidrat di dalam saluran pencernaan kucing tersebut dapat menyebabkan peningkatan fermentasi mikroba, sehingga hal tersebut menyebabkan keseimbangan mikroba di saluran pencernaaan terganggu dan akan menyebabkan mencret atau diare, bahkan biasanya menimbulkan bau yang kurang sedap dikarenakan bau feses menjadi lebih asam.

Banyaknya karbohidrat yang tidak tercerna juga dapat meningkatkan fermentasi bakteri di saluran pencernaan si kucing sehingga menimbulkan gas yang bisa menyebabkan kucing mengalami kembung.

  1. Kucing Memiliki Kebutuhan Nutrisi yang Berbeda

Kucing, sangat butuh dan perlu mendapatkan beberapa nutrient/nutrisi yang tidak bisa ditemukan di bahan makanan selain protein hewani seperti asam amino arginine, taurine, asam linoleat, asam arakidonat, vitamin B dan vitamin A.

Arginin dan taurine adalah asam amino yang sangat penting untuk kucing dan tidak dapat diperoleh jika kucing hanya konsumsi nasi dan sedikit ikan.

Asam amino arginin berperan dalam sintesa urea dari amonia dalam tubuh kucing dan jika amonia berlebihan dalam tubuh kucing tersebut, maka hal itu akan menyebabkan tubuh kucing keracunan amonia karena banyaknya amonia yang beredar di dalam darah. Arginin ini juga ditemukan pada berbagai protein hewani termasuk juga daging dan jeroan.

Pada hewan herbivora dan omnivora, taurine mampu disintesis sendiri oleh tubuh, akan tetapi pada karnivora termasuk kucing tidak mampu mensintesis asam amino ini sehingga taurine pada kucing tidak boleh terlewat dalam pemenuhan nutrisi si kucing.

Taurine juga sangat penting untuk metabolisme tubuh si kucing, terutama dalam perkembangan organ tubuh seperti jantung, otak, mata, pertumbuhan tubuh, dan lainnya.

Baca Juga : Cara mudah dalam mencegah kucing buang air sembarang

Loading...
Loading...
Apakah Boleh Kucing Makan Nasi? | ilmuhewan | 4.5