Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Apa yang Dilakukan Saat Burung Sakit

By On Friday, July 8th, 2016 Categories : Info Lainnya, Tips Dan Trik

Apa yang Dilakukan Saat Burung Sakit – Hal yang wajar jika anda panik apabila hewan peliharaan anda sakit, khususnya burung.

Karena burung merupakan salah satu hewan yang berubah drastis jika terkena penyakit. Selain itu burung tidak terlihat tanda sakitnya seperti anjing atau kucing.

Jarang dokter hewan mengobati burung hias seperti yang dipelihara umumnya. Maka anda sendirilah yang dapat melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu jika burung anda sakit.

Untitled

Namun, beberapa orang masih bingung harus melakukan apa.  Bagi anda yang bingung atau pemula dalam merawat burung ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakuka jika burung peliharaan anda sakit. Berikut tips-tipsnya.

Jangan menunggu sakit, lakukan hal mendasar

Banyak yang berkata jangan mati dulu baru disesali. Hal ini juga berlaku pada burung. Jika anda memutuskan untuk memelihara maka harus menjaganya, burung hanyalah hewan yang dimasukan kedalam sangkar tanpa tahu harus buang air dimana dan makan dimana.

Berbeda dengan anjing dan kucing yang dapat diajarkan dengan baik. untuk itu, lakukan selalu hal mendasar seperti menjemur burung tiap pagi, memandikannya, memberi makan, mengganti gelas minum yang digunakan oleh burung dan membersihkan lantai dasar sangkar dari kotoran setiap hari.

Jika anda memang rajin jangan hanya membersihkan namun mencucinya sesekali agar tetap bersih dan tidak ada jamur atau cacing yang menempel pada sangkar burung anda.

Nah, jika memang burung anda terlanjur sakit, maka ada beberapa hal yang anda dapat lakukan pertama kali. Berikut tips-tipsnya.

Jangan Tunda Pengobatan

Burung merupakan hewan yang aktif dan lincah, jika terkena penyakit atau hal yang tidak sesuai maka perilakunya akan berubah. Jika burung aktif namun bertingkah aneh seperti sering mengepakan sayap atau merusak bulunya pada sangkar maka burung juga mengalami sakit baik secara hormonal maupun mental.

Jangan menunda pengobatan, pertama anda dapat mengganti pakannya menjadi yang lebih cair seperti bubur atau makanan yang dicairkan, sehingga burung tersebut dapat langsung meminumnya dengan selang. Setelah itu lihat gejala penyakitnya dan telusuri infonya.

Penting mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh burung tersebut. setelah anda tahu, mungkin anda masih belum dapat menebak penyakitnya setelah mengetahui gejalanya,  segera cari atau hubungi orang yang menurut anda mengerti tentang hewan peliharaan khususnya burung, atau bawa ke dokter hewan. Terutama jika anda memelihara burung dengan harga mahal.

Memberikan minuman atau pakan ekstra

Burung yang sakit akan jarang minum atau tidak mau makan. Berikan selang syringe yang dapat anda beli di toko khusus burung atau hewan hias.

Terkadang bagi burung sakit apapun akan membuatnya malas makan atau tidak nafsu makan. Membantu makannya menjadi lebih mudah akan membantu makanan langsung masuk ke dalam tenggorokannya dan langsung tertelan, anda juga dapat mencampurkan makanan dan vitamin sekaligus.

Jika minum dan makanan tidak juga ampuh menyembuhkan sakit maka ada masalah dan segera cari ciri dan gejala yang sesuai dengan penyakitnya. Setelah itu baru anda dapat mengetahui sakitnya.

Isolasi burung yang sakit

Jika dalam satu sangkar terdapat burung lain lebih baik isolasi. Selain itu burung yang sakit akan mudah stress, isolasi berfungsi untuk menenangkan burung sehingga merasa aman dan nyaman.

Jangan lupa selama isolasi kandang selalu dibersihkan lalu beri makan dan minum yang cukup serta jauhkan burung dari suara atau benda bising yang membuat burung stress.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Aves (Burung)

Loading...
Apa yang Dilakukan Saat Burung Sakit | ilmuhewan | 4.5