Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Apa Saja Perbedaan Ikan Cupang Adu dengan Ikan Cupang Hias

By On Wednesday, March 16th, 2016 Categories : Perikanan

Apa Saja Perbedaan Ikan Cupang Adu dengan Ikan Cupang Hias – Ikan cupang merupakan jenis ikan yang memiliki keindahan bentuk tubuh.

Biasanya ikan ini juga disebut dengan ikan hias. Namun ikan cupang yang populer ialah ikan cupang hias dan ikan cupang adu.

Kedua ikan ini memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip.

Mungkin orang awam akan sulit membedakan kedua ikan ini. Namun yang sudah hobi memelihara ikan cupang akan mudah membedakannya.

cats

Ikan cupang hias dan cupang adu berasal dari spesies yang sama. Biasanya ikan cupang yang ada di pasaran merupakan hasil perkawinan silang dari kelompok Spendens Complex.

Baca Juga : Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula

Kelompok ini memiliki beberapa spesies, diantaranya Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina, dan Betta imbeliis.

Hasil persilangan dari Splendens complex menghasilkan beragam varian. Namun di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya mengelompokannya menjadi iakn cupang adu dan ikan cupang hias.

Bagaimanakah cara membedakan kedua jenis ikan ini? Apakah ada perbedaan atau persamaan yang dimilikinya? Berikut ulasan tentang cara membedakan ikan cupang hias dan ikan cupang adu.

Ikan Cupang Hias

Dari namanya saja sudanh menyandang kata “hias”, pastilah bentuk tubuh ikan ini sangat indah. Ikan ini biasanya ditentukan berdasarkan perbedaan warna, bentuk tubuh, gerak dan mental.

Ikan cupang hias biasanya berasal dari spesies Betta splendens. Berikut beberapa ciri-ciri yang dimiliki ikan cupang hias:

  • Gerakan tubuh ikan ini cukup tenah diimbangi dengan kibasan sirip yang menampakkan keanggunan dan mempesona.
  • Bentuk dari sirip dan ekor yang menjuntai panjang. Struktur tulang dari sirip dan ekor pun sangat khas.
  • Ketika sedang bercumbu atau melihat lawan, sirip dan ekornya akan mengembang sempurna menampakan bentuk yang khas.
  • Warna tubuh ikan ini tidak kusam, melainkan terang. Warna yang dimiliki pun variatif dan atraktif.

Ikan cupang pun memiliki beberapa jenis yang populer di Indonesia. Bahkan banyak diantaranya sering diikutsertakan dalam perlombaan. Diantaranya ialah:

  • Serit (Crown tail)
  • Laga (Plakat)
  • Bulan separuh (Halfmoon)
  • Cagak (Double tail)

Ikan cupang Adu

Sekilas namapk ikan cupang adu mirip dengan ikan hias. Cara yang paling mudah untuk membedakannya ialah melihatnya ketika sedang bertarung.

Ada beberapa ikan cupang adu yang dianggap iakn cupang hias kerena keindahannya, namun amat kuat dan perkasa ketika di adu.

Ikan cupang adu berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachi dan beberapa hasil variasi persilangan. Berikut beberapa ciri ikan cupang adu:

  • Memiliki erakakn yang agresif. Tidak lamban nan elok seperti ikan cupang hias.
  • Bibirnya terlihat koko dan tebal. Mulutnya terkatup rapat dan tidak menganga. Jika diamati dari atas, bagian bibir bawah terdapat bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing.
  • Ketika melihat lawannya, siripnya akan berkibas dengan utuh. Hal ini menandakan bahwa ikan cupang adu ini memiliki mental yang kuat.
  • Bentuk tubuh ikan cupang adu terlihat kokoh. Tinggi dan lebar iakn mulai dari leher hingga ke ekor memiliki ketebalan yang sama. Hanya pada bagian ujung ekor yang agak mengecil.

Di berapa negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia banyak diselenggarakan kontes cupang adu. Namun di beberapa negara di Amerika, mengau ikan cupang merupakan tindak kejahatan dan ilegal.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Salmon untuk Pemula

Loading...
Apa Saja Perbedaan Ikan Cupang Adu dengan Ikan Cupang Hias | ilmuhewan | 4.5