Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar

By On Thursday, February 18th, 2016 Categories : Perikanan

Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar – Indonesia ternyata memiliki beragam jenis ikan hias air tawar. Menurut catatan KKP, ada lebih dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan.

Dari jumlah tersebut hanya 90 spesies yang dibudidayakan masyarakat. Iakn hias air tawar lebih mudah dibudidayakan dari pada ikan laut.

Sehingga banyak dilakukan pengusaha sektor rumahan. Ikan hias iar tawar yang menjadi primadona di Indonesia ialah Ikan arwana dan ikan cupang. Namun selain dua jenis itu, masih ada beberapa jenis lainnya. Simak ulasannya berikut.

  • Ikan koi

Untitled

Ikan koi atau Cyprus carpio L merupakan hasil persilangan beberapa ikan strain mas menjadi ikan dengan warna merah dan putih yang menarik.

Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di akuarium. Ikan ini memiliki daya tarik pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Jenis ikan ini cukuplah mudah untuk dikembang biakan, namun sulit untuk mendapatkan kualitas yang bagus.

Baca Juga : Teknik dan Cara Pemijahan Ikan Lele

Ikan cupang sangatlah mudah untuk dibudidayakan. Tidak lagi memerlukan fasilitas mahal dan bisa dilakukan dalam skala rumahan.

  • Ikan arwana

Untitled

Ikan dengan nama latin Scleropoges sp merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang amat populer. Ikan ini merupakan salah satu endemik asli Indonesia. Ikan hias jenis ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua.

Dahulunya ikan ini hanya didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah banyak yang membudidayakannya.

Sentra produksi ikan arwana ini berada di Kalimantan dan Sumatra. Jangan salah, ternyata ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Pada jenis-jenis tertentu harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

  • Ikan koki

Untitled

Ikan koki atau Carrasius auratus merupakan keluarga dari ikan mas. ikan ini berasa dari Cina namun sangat popules di Jepang.

Di Indonesia ikan koki memiliki banyak variatif dengan berbagai bentuk dan warna yang indah. Di negeri ini, ikan koki sudah banyak dibudidayakan. Kota Tulungagung, Jawa Timur merupakan sentra produksi ikan koki terbesar untuk memenuhi pasar domestik dan pasar.

  • Ikan guppy

Untitled

Ikan dengan nama latin Poecilia reticulate merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi. Ikan ini bisa ditemukan di penjeru bumi.

Ikan ini sangatlah mudah ditemukan di perairan air tawar di Indonesia. Ikan ini juga termasuk ikan yang mudah dibudidayakan. Repoduksi secara internal dan melahirkan anak.

Ikan guppy mampu menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga dia bisa hamil hingga 3 kali dalam sekali perkawinan. Jarak kehamilan berlangsung 1-5 minggu.

  • Ikan louhan

Untitled

Ikan louhan termasuk dalam keluarga Cichild dan tidak dapat ditemukan di alam bebas. Ikan hias ini merupakan persilangan dari beberapa jenis ikan Cichild.

Saat ini ikan louhan menyebar di berbagai negara. Ikan ini memiliki sifat yang aresif dan jika dilepas di alam bebas akan menjadi predator ikan lain.

  • Ikan discus

Untitled

Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan amazon. Disebut ikan discus karena bentuknya seperti piringan dengan warna yang aktraktif.pembawaan ikan ini sangat tenang dn gerakannya lembut. Sehingga disebut raja akuarium. Ikan yang paling besar memiliki diameter 15 cm.

Ikan discus cocok berkembng biak di iklim tropis dengan suhu air 25-300C. Ikan ini amat mudah stres jikan dipelihara di akuarium. Jadi pemeliharanya harus ekstra telaten.

Baca Juga : Sejarah dan Asal-usul Lele Sangkuriang

Loading...
Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar | ilmuhewan | 4.5