Alternatif Pakan Lele

By On Wednesday, July 13th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Alternatif Pakan Lele – Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas beberapa pakan alternatif lele sesuai dengan besaran modal yang dimiliki peternak. Bisa membaca di  Cara Membuat Makanan Ikan Lele Sendiri

Sehingga anda sebagai peternak lele mampu memberikan pakan-pakan alternatif di musim paceklik keuangan atau musim kemarau makanan lele.

Sementara itu, untuk artikel ini akan membahas pakan alternatif lele sesuai dengan pangsa pasar yang akan dituju peternak.

pakan

Pangsa pasar penjualan lele di pasar terbagi atas dua. Pertama, pangsa pasar mikro dan pangsa pasar atas. Pangsa pasar mikro biasanya terserap di pedagang-pedagang makanan kecil, UKM atau dikonsumsi sendiri.

Sementara pangsa pasar makro terdiri dari ritel, hotel dan kalangan menengah ke atas. Mengapa perlu dibedakan demikian? Karena jenis dan permintaan lele di kedua pasar jelas tentu saja berbeda.

Pangsa pasar kecil tidak mensyaratkan jenis dan berat ukuran lele. Jadi jika anda menggabungkan peternakan lele dengan peternakan ayam seperti dalam pembahasan kemarin tidak masalah.

Karena target yang dikejar bukan untuk penggemukan lele. Tetapi  targetnya hanya memberi makanan alternatif lele dan layak untuk dijual.

Pangsa pasar kecil hanya membutuhkan lele dengan harga murah untuk produk jualan mereka. Jadi anda sebagai peternak bisa menyediakan lele dengan pakan alternatif murah seperti di atas.

Sementara untuk pangsa pasar atas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pangsa pasar ini seringkali mensyaratkan lele dalam jenis dan ukuran tertentu.

Serta dengan syarat tambahan hygienisitas dari lele sendiri. Sehingga anda mesti menggemukkan lele dengan pakan-pakan alternatif yang biayanya optimal.

Biaya penggemukan lele bisa anda buatkan dengan pil-pil tepung ikan dan campuran vitamin. Tepung ikan dicampur vitamin dan kemudian dicetak seperti pil pellet ikan.

Proses penggemukan ini bisa selang-seling dengan makanan rutinan yang higienis seperti nasi asli (bukan nasi bekas), sayur mayor alami (bukan bekas).

Mengapa perlu mengurangi makanan-makanan bekas? Karena target konsumen kita adalah kelas atas. Maka mengurangi penyebab kotornya kolam lebih baik.

Sehingga meminimalisir lele menjadi sarang makanan kotor. Anda tentu tidak mau bukan jika lele yang dijual ke hotel masih menyisakan bau busuk atau sisa kotoran di jerohan mereka? Maka memberikan nasi dan sayur alami adalah pilihan terbaik. Walaupun biaya operasional naik akan tertutupi dengan harga jual lele yang mahal di pasar kelas atas.

Pakan alternatif penggemukan bisa juga diambil dari peternakan ayam atau budidaya ikan. Semisal ikan gurami. Namun, perlu diperhatikan jika lele anda dijual untuk pasar kelas atas jangan dicampur dengan kotoran peternakan ayam.

Anda hanya mengambil ayam saja untuk campuran protein penggemukan lele. Ayam yang mati atau hidup bisa dibakar dan diberikan ke lele untuk tambahan protein.

Begitu juga dengan ikan-ikan lain dibakar dan diberikan untuk penambahan vitamin. Sehingga produk lele anda terlihat lebih gemuk, bervitamin dan tentu saja hygenis.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Lele

Loading...
Alternatif Pakan Lele | ilmuhewan | 4.5