Alat yang dibutuhkan dalam pembenihan dan pembibitan gurame

By On Saturday, April 22nd, 2017 Categories : Info Lainnya

Alat pembenihan dan pembibitan gurame – Ikan gurame adalah salah satu ikan jenis air tawar dan biasanya dikonsumsi oleh orang-orang terutama yang tinggal di Asia Tenggara.

Namun, tidak sedikit juga orang yang memelihara ikan gurame untuk dipajang di dalam aquarium. Ikan gurame selain enak untuk dikonsumsi ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Ikan gurame memiliki ciri-ciri badannya berbentuk pipih dan lebar, bagian punggung berwarnah merah sawo, dan berwarna kuning di bagian perut.

Karena gurame sangat banyak  manfaatnya , selain rasanya yang enak untuk dikonsumsi bisa juga untuk dijadikan hewan peliharaan, banyak orang yang memanfaatkan gurame untuk dibisniskan yaitu dengan cara melakukan budidaya ikan gurame.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Pelihara Ikan Gurame

Prospek pembudidayaan ikan gurame sangat besar karena ikan gurame sangat laku dipasaran dan banyak restaurant-restaurant yang menjual olahan makanan dari ikan gurame.

Secara garis besar, budidaya gurame itu dibagi ke dalam 3 proses yaitu pembibitan, pendederan dan pembesaran. Pembibitan adalah proses persiapan induk gurame , baik jantan maupun betina, untuk dipijahkan.

Induk betina yang cukup umur memiliki ciri-ciri perutnya membesar kebelakang atau didekat lubang dubur, sedangkan untuk induk jantan ciri-cirinya adalah sirip berwarna terang mempunyai dagu berwarna kuning.

Pendederan adalah proses penetasan telur menjadi larva gurame hingga gurame mencapai ukuran tertentu biasanya 125 gram per ekornya.

Sedangkan pembesaran adalah proses membesarkan gurame dari ukuran 125 gram per ekor menjadi 400 gram per ekor atau bahkan 1 kg per ekor tergantung kebutuhan.

Ada beberapa syarat agar pembudidayaan gurame dapat menghasilkan gurame yang berkualitas baik, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Jenis tanah yang baik untuk kolam gurame adalah tanat liat dengan cukup humus.
  2. Kemiringan tanah yang baik adalah 3-5% untuk memudahkan pengairan pada kolam
  3. Kualitas air kolam gurame harus bersih dan dasar kolam tidak berlumpur
  4. Keasaman air yang baik untuk gurame adalah 6,5- 8
  5. Suhu air yang baik untuk gurame adalah 25-28 derajat celcius.

Untuk melakukan proses pembenihan dan pembibitan ada beberapa alat-alat yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut ini :

  1. Jala

Jala digunakan untuk menangkap induk gurame.

  1. Waring

Waring digunakan untuk penutup kolam, dasar kolam dan juga berguna untuk proses panen ikan gurame.

  1. Hapa

Hapa adalah kotak dari jaring/kelambu untuk menampung sementara induk ikan gurame maupun benih.

  1. Seser

Seser digunakan untuk menangkap benih ikan gurame yang berumur diatas satu minggu.

  1. Ember atau Baskom

Sediakan ember atau baskom berbagai ukuran yang akan digunakan untuk keperluan penetesan telur ikan gurame hingga untuk pemeliharaan larva ikan gurame.

  1. Timbangan skala kecil dan skala besar

Timbangan digunakan untuk mengetahui berat gurame sudah mencapai berat yang diinginkan apa belum oleh karena itu sediakan timbangan skala kecil yaitu dalam satuan gram dan timbangan skala besar dalam satuan kg.

  1. Cangkul

Cangkul digunakan untuk membantu dalam proses pembuatan  kolam gurame.

  1. Pisau serta piring secchi

Pisau dan piring secchi digunakan untuk mengukur kadar kekeruhan pada kolam ikan gurame.

Yang terpenting dan harus sangat diperhatikan dalam proses pembudidayaan gurame adalah menjaga kualitas air kolam gurame, pastikan air selalu bersih agar gurame yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang baik dan harga jual yang tinggi.

Baca Juga : Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan

Loading...
Alat yang dibutuhkan dalam pembenihan dan pembibitan gurame | ilmuhewan | 4.5