Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Alasan Mengapa Ayam cemani berwarna Hitam?

By On Thursday, October 5th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Alasan Mengapa Ayam cemani berwarna Hitam? – Pernah tahu ayam berwarna hitam legam?

Atau ayam berwarna full hitam?

Pastinya pernah bukan?

Apalagi anda adalah salah satu masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan ayam yang satu ini.

Ayam lamborgini, julukannya karena keeksotisannya, atau disebut juga dengan ayam cemani karena seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam, mulai dari bulu, kulit, kaki, paruh, kepala, kuku, lidah hingga daging serta organ – organnya.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Ayam Cemani

Namun, darahnya tidak berwarna hitam, melainkan darah tersebut memiliki warna merah pekan, dan hal ini tetap saja menajikan masyarakat menganggap bahwa luar dan dalam dari tubuh ayam cemani berwarna hitam.

Menurut sejarah yang masih simpang siur, ayam cemani ini memiliki warna hitam akibat persilangan yang dilakukan oleh seorang petapa sakti pada zaman dahulu antara ayam cemani

Namun, setelah diadakan penelitian terhadap ayam cemani ini, warna hitam padanya ternyata beralasan.

Berdasarkan penelitian dari Ben Dorshort dari Universitas Uppsala di Swedia dan dipublikasikan tanggal 22 Desember 2011 di PLOS ONE menjelaskan sebab ayam cemani memiliki warna hitam dan merupakan hasil dari mutasi genetika sehingga terjadi hiperpigmentasi kulit atau sebuah kondisi fibromelanosis.

Dorshort mengatakan bahwa telah terjadi duplikasi akibat mutasi sendiri yang terdiri dari 5 gen dan salah satu gen tersebut adalah EDN3 atau endothelin3 yang memiliki peran sebagai pembentuk protein dan menghasilkan melanosit.

Akibat mutasi tersebut, menajikan protein menjadi berlebih dan membentuk melanosit sejak ayam cemani berbentuk embrio. Alhasil ayam cemani tersebut lahir dengan tubuh dan organ berwarna hitam.

Menurut riset dari Ai Shinomiya pada tahun 2012 dan di publikasikan di jurnal Genetics juga menyebutkan bahwa terjadi duplikasi tersebut terdiri dari 5 gen.

Ada juga sebuah dongeng yang berasal dari negara China alasan si ayam ini berwarna hitam, yaitu karena mereka para ayam menerima pil keabadian dari Lu Dongbin di puncak Tiger – Nose, alhasil seluruh warnanya menjadi hitam.

Ada juga yang menduga warna hitam pada ayam cemani ini dikarenakan adanya kandungan senyawa kimia yang menjadi penentu warna daging.

Dan warna hitam pada ayam cemani ini di duga memiliki kandungan melamin yang tinggi jika di bandingkan dengan ayam pada umumnya. Melamin tersebut terdapat pada jaringan kulit bukan jaringan otot.

Walaupun ayam cemani ini berwarna hitam di seluruh tubuhnya, namun telur dari ayam ini tidaklah berwarna hitam melainkan berwarna putih seperti telur ayam lainnya.

Anda juga akan menemui bagian dalam telur yang sama ketika anda menyenteri telur tersebut, namun ketika embrio ayam tersebut terdapat warna hitam yang berarti telur sehat dan bisa menetas.

Menurut beberapa ahli, telur ayam cemani memiliki warna putih karena proses mutasi fibromelanosis pada sel ayam yang tidak menular ke cangkang telur.

Kemungkinan hal ini terjadi karena cangkang telur yang tersusun dari kristal kalsium karbonat seperti telur ayam lainnya.

Memang benar, semakin hari permintaan ayam cemani semakin meningkat, apalagi karena warnanya yang hitam legam tersebut, baik untuk acara adat atau untuk dipelihara saja, namun sayangnya jumlah ayam cemani makin hari makin menurun. Bahkan menurut catatan dari Backyard Chicken Coops jumlah ayam cemani sekarang ini sekitar 3.500 ekor saja.

Kebanyakan ayam yang memiliki warna hitam ini diternak di Indonesia dan beberapa di Eropa, jika di jual harganya per ekor untuk anakan bisa mencapai 2,6 juta.

Baca Juga : Mitos Tentang Ayam cemani

Loading...
Alasan Mengapa Ayam cemani berwarna Hitam? | ilmuhewan | 4.5