5 Penyakit Hewan yang Disebabkan Virus

By On Tuesday, August 2nd, 2016 Categories : Penyakit Hewan

5 Penyakit Hewan yang Disebabkan Virus – Bukan hanya manusia yang terserang makhluk hidur yang kecil ini, tetapi hewan juga terserang virus yang menyebabkan suatu penyakit dalam hewan tersebut.

Seperti, 5 penyakit hewan dibawah ini :

Rabies

Rabies adalah jenis penyakit yang menyerang hewan berdarah panas seperti anjing, kucig dan monyet.

Untitled

Selain itu, penyakit rabies atau penyakit anjing gila ini juga dapat menyerang manusia yang disebabkan oleh Rhabdho virus.

Penyakit ini banyak di takuti, selain dapat menular, menyerang susunan syaraf pusat melaui gigitan atau air liur penderita, para penderita bisa berakhir meninggal dunia. Penyakit ini dapat dicegah melalui vaksinasi.

Penyakit mulut dan kaki

penyakit mulut dan kaki merupakan penyakit yang disebabkan oleh Aphthovirus dari famili picornaviridae. Penyakit ini sangat menular pada hewan ternak seperti sapi,kambing dan kerbau melalui udara, kontak langsung, makanan dan peralatan yang tekontaminasi virus.

Jika hewan sudah terkena penyakit ini, nafsu makan mereka menurun selama kurang lebih dua minggu hingga akhirnya kurus dan mati. Penyakit ini dapat dicegah melalui vaksinasi.

Tetelo atau NCD

Tetelo (parrot fever)  atau NCD (Newcastle Disese) merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus NCD pada unggas seperti ayam dan itik.

Sifat penyakit ini menular dan berujung kematian dengan gejala diare dan batuk, jika sembuhpun, hewan tersebut kepalanya akan tertekuk dan hilang keseimbangan.

Flu Burung

Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yang berdiameter 90-120 nanometer dan termasuk dalam famili orthomyxoviridae, genus influenza virus.

Virus ini hidup dalam saluran pencernaan unggas yang menyebar melauli peredaran darah. Selain unggas virus ini juga bisa menyerang kucing, harimau bahkan manusia.

Penyait ini dapat dicegah mealui vaksinasi dan imunisasi, namun jika ada hewan yang sudah terjangkit harus dimusnahkan, karena dikhawatirkan dapat menularkan flu burung pada hewan dan manusia.

Tumor atau Kutil

Tumor atau kutil adalah penyakit pada hewan yang menyerang sel epitel dan membran mukosa. ESV atau Rous sarcomavirus adalah penyebab tumor pada ayam, sedangkan pada sapi Bovine papillomavirus.

 

Loading...
Loading...
5 Penyakit Hewan yang Disebabkan Virus | ilmuhewan | 4.5