5 Jenis Ikan Louhan Lokal

By On Saturday, May 6th, 2017 Categories : Perikanan

Jenis dan Macam Ikan Louhan Indonesia – Ikan louhan, yang memiliki nama ilmiah Flowerhorn, merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh, dan motif menarik di tubuhnya.

Tak ayal jika banyak orang membeli ikan ini untuk dijadikan sebagai penghias akuarium di rumah mereka. Daya tarik utama yang dimiliki ikan hias ini adalah benjolan besar di kepalanya yang sering disebut dengan jenong.

Penyebutan itu sendiri didasari karena bentuknya yang mirip dengan jenong dahi manusia.

Semakin besar ukuran jenong tersebut, semakin banyak pula peminatnya. Selain jenong, pada tubuh ikan louhan juga terdapat garis marking dan motif mutiara yang juga menjadi daya tarik dari ikan ini.

Baca Juga : Ciri Anakan Ikan Louhan yang Berkualitas Bagus

Meskipun bentuknya mirip, sebenarnya ikan louhan terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Di bawah ini akan diulas lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan louhan lokal tersebut.

Louhan Cencu

Ikan louhan cencu atau yang lebih dikenal dengan nama louhan mutiara adalah salah satu jenis ikan louhan yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias.

Hal ini karena ikan louhan cencu memiliki banyak motif mutiara atau motif lingkaran-lingkaran putih di hampir seluruh bagian tubuhnya, itu juga yang menjadi dasar mengapa ikan ini disebut dengan ikan louhan mutiara.

Selain menambah kecantikannya, motif mutiara pada tubuh ikan louhan cencu juga unik karena tidak semua jenis ikan louhan memiliki motif mutiara yang banyak hingga ke bagian kepalanya.

Louhan Kemalau

Jenis ikan louhan lokal yang kedua yaitu louhan kemalau. Ikan louhan jenis ini termasuk ikan louhan yang sangat langka, itu mengapa ikan ini seringkali dijual dengan harga yang fantastis, yakni mencapai puluhan juta rupiah.

Namun, tak hanya karena kelangkaannya saja, ikan ini juga memiliki pola mutiara yang cantik di tubuhnya yang semakin menambah nilai jual dari ikan tersebut.

Louhan Super Red Dragon

Seperti namanya, ikan louhan jenis super red dragon memiliki warna tubuh yang sangat merah. Jenong pada ikan ini juga cukup besar, dan harganya akan naik seiring dengan ukuran dari jenong tersebut.

Louhan Golden Base

Jika ikan louhan pada umumnya memiliki garis marking atau garis hitam yang membentang dari tubuh hingga ekornya, maka pada tubuh ikan louhan golden base tidak memiliki garis tersebut.

Keunikan ikan louhan lokal jenis ini justru terletak pada warnanya yang merah keemasan. Warna tubuhnya ini jugalah yang membuat ikan louhan tersebut diberi nama dengan louhan golden base.

Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan yang kelima adalah ikan louhan kamfa. Ikan louhan ini merupakan ikan louhan yang paling mahal karena harga yang ditawarkan bisa mencapai 200 juta rupiah.

Harga yang mahal tersebut didasarkan pada keunikan dan daya tarik dari bentuk tubuh serta warna dari ikan louhan kamfa yang memang sangat unik dan menarik. Selain garis markingnya yang jelas, warnanya juga tidak seperti ikan louhan pada umumnya, yaitu cenderung abu-abu.

Demikian jenis-jenis ikan louhan lokal yang beredar di pasaran Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki ikan louhan tersebut, usahakan membeli dari toko ikan yang memang sudah terpercaya, karena harganya yang mahal membuat tidak sedikit pedagang yang memalsukan jenis ikan hingga tidak segan-segan untuk melakukan penipuan.

Meskipun demikian, ikan louhan tetap tidak mengecewakan untuk dijadikan ikan peliharaan yang menghiasi akuarium di rumah Anda.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Loading...
5 Jenis Ikan Louhan Lokal | ilmuhewan | 4.5