4 Trik Jitu Jinakkan Burung Gereja yang Gesit

By On Wednesday, November 2nd, 2016 Categories : Burung

Cara Menjinakkan Burung Gereja – Burung gereja merupakan salah satu burung kicau yang memiliki keunikan tersendiri.

Keunikannya yaitu kemampuannya dalam berkicau dalam tempo yang panjang. Burung yang memiliki nama latin Passeridae ini biasa dipakai sebagai burung master bagi burung ocehan lain.

Burung gereja biasa ditemukan di daerah penggilingan padi.

burung-gereja

Pasalnya burung gereja menyukai biji-bijan. Mereka pun senang berkelompok dan dalam satu kelompok bisa terdiri dari puluhan ekor.

Baca Juga : Inilah 9 Tips yang Bisa Dilakukan Atasi Burung yang Cabut Bulunya Sendiri

Burung gereja termasuk burung yang gesit dan tidak mudah dijinakkan. Namun jangan khawatir, karena disini kami akan berbagi tips kepada teman-teman untuk menjinakkan burung gereja.

Dikarenakan untuk mencapai kualitas sebagai burung master, burung gereja harus dijinakkan terlebih dahulu.

  1. Letakkan sangkar burung gereja di tempat tenang

Pertama-tama letakkan burung gereja jauh dari keramaian atau tempatnya orang berlalu-lalang. Hal ini dikarenakan agar burung beradaptasi dengan habitat baru yang lebih tenang.

Dan sekaligus menguatkan mental burung gereja karena mampu beradaptasi drastis dari lingkungan yang dihadapi sebelumnya. Dan tempatkan ke dalam sangkar yang tidak terlalu longgar.

  1. Sediakan makanan secara rutin

Kedua yaitu rutinlah untuk memberi pakan kepada burung gereja. Sediakan biji-bijian seperti biji jagung atau padi. Jangan lupa untuk memberikan air pula di dalam sangkar.

Anda juga bisa memberikan pakannya dengan cara menyuapi. Dengan cara ini dimaksudkan agar burung gereja mulai mengenal tuannya.

Selain itu, saat menyuapi pun bisa dibarengi dengan ikut bersiul agar burung gereja merekam siulan.

  1. Mandikan burung gereja

Cara ketiga yaitu dengan memandikan burung gereja. Dalam memamandikan burung gereja dengan cara menyemprotnya atau diletakkan di tempat mandi burung.

Hal ini sama dengan menyediakan makan untuk si burung. Karena dengan memandikan burung gereja, sama halnya dengan pengenalan burung gereja dengan pemilikinya. Saat memandikan bisa diselingi dengan mengelus-elus kepala burung gereja agar cepat jinak.

  1. Jauhkan dari hewan lain

Keempat yaitu menjauhkan burung gereja tersebut dari jangkauan hewan lain seperti kucing dan anjing. Dikarenakan burung gereja akan menjadi kelabakan.

Selain itu jauhkan pula dari jangkauan burung gereja liar lainnya. Pasalnya, sifat dasar burung geraja yaitu liar dan hidup berkelompok.

Sehingga jika didekatkan dengan burung gereja liar lainnya dikhawatirkan sifat alaminya kembali lagi.

Demikian empat cara menjinakkan burung gereja yang gesit dan liar. Dengan adanya tulisan ini bisa membantu Anda untuk menjinaakkan burung gereja sehingga bisa menjadi burung master. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Baca Juga : 6 Ciri-ciri Unik Bedakan Burung Samyong Jantan dan Betina

Loading...
4 Trik Jitu Jinakkan Burung Gereja yang Gesit | ilmuhewan | 4.5